Sejarah Sekolah

SMK Swasta di Bandung Sejak 1967

SMK Swasta di Bandung Sejak 1967

SMK Pasundan 1 Bandung adalah SMK swasta yang didirikan sebagai inisiatif dari para tokoh masyarakat dengan memperhatikan bahwa di wilayah kecamatan Regol – Kota Bandung belum terdapat sekolah kejuruan ekonomi. Dengan perhatian yang sangat mendalam tokoh masyarakat ini memiliki keinginan untuk membuka Pendidikan Ekonomi, dan keinginan mereka disambut baik oleh beberapa tokoh pendiri Sekolah Menengah Ekonomi Atas (SMEA) “Pasundan 1” Bandung seperti:

Bapak Drs. S. MAMAN SUDYAATMADJA

Bapak Drs. IWA SUKISWA

Bapak Drs. ANANG NARSOEDJO

Bapak Drs. MAMAN UKAS

Bapak EDDIE S. TANUATMADJA

Niat baik para tokoh masyarakat dan para pendiri ini diapresiasi dan diterima baik oleh Paguyuban Pasundan sehingga dengan restu Paguyuban Pasundan melalui Surat Keputusan Jajasan Pendidikan Pasundan Nomor 095/SK/JPP/1967 tanggalm 31 Desember 1967, berdirilah SMEA Pasundan 1 Bandung.  Sesuai perubahan struktur organisasi Paguyuban Pasundan maka Surat Keputusan JPP tersebut diregistrasi ulang oleh Yayasan Pendidikan Dasar dan Menengah Pasundan menjadi Nomor : 030/YPDMP/SK/P/1998 tanggal 23 Juli 1998. Untuk Operasional penyelenggaraan pendidikan SMEA Pasundan 1 Bandung mendapat ijin memakai nama SMEA dari Kantor Pembinaan Pendidikan Ekonomi Propinsi Jawa Barat Nomor 16/A S/1974 tanggal 13 Mei 1974.

Upacara peresmian Sekolah Menengah Ekonomi Atas “Pasundan” 1 Bandung diadakan di Gedung Bank Tabungan Pos Jalan Jawa Nomor 7 Bandung pada tanggal 12 Pebruari 1968 dihadiri oleh tokoh-tokoh pendidikan dan unsur muspida tingkat Kota Bandung maupun Tingkat Propinsi Jawa Barat, maka pada saat itulah SMEA Pasundan 1 Bandung resmi berdiri. Adapun  lokasi kampus  pada saat itu mempergunakan Sarana Prasarana milik Jajasan Pendidikan Pasundan yang berlokasi di Jalan Balonggede No. 28 Bandung  bersama-sama dengan SMA Pasundan 1 Bandung,  waktu pelaksanaan pembelajaran berlangsung pada siang hari memanfaatkan ruangan yang tidak dipergunakan oleh SMA Pasundan 1 Bandung  sesuai surat hak penggunaan  tanah dan bangunan Nomor : 352/1971 yang di registrasi kembali oleh YPDM Pasundan menjadi Nomor 77/YPDM-Pas/A/II/1990 tanggal 28 Februari 1990.

Dengan laju perkembangan dunia pendidikan dan animo masyarakat yang ingin melanjutkan pendidikan ke Sekolah Menengah Ekonomi Atas (SMEA)  Pasundan 1 Bandung  dari tahun ke tahun meningkat diawali sejak tahun 1988/1989 yang berakibat kebutuhan akan  Sarana Ruang Belajar meningkat pula, sedangkan  kegiatan belajar mengajar di lokasi Jalan Balonggede No. 28 sudah tidak memungkinkan untuk dikembangkan karena jumlah ruangan yang disediakan oleh SMA Pasundan 1 Bandung atas persetujuan YPDM Pasundan untuk digunakan oleh SMEA Pasundan 1 Bandung sebanyak 6 (enam) ruangan oleh sebab itu untuk penanggulangannya  perlu dicari jalan keluar  guna menanggulangi kekurangnan ruangnan belajar tersebut.  Pada saat itu segenap komponen personal SMEA Pasundan 1 Bandung berusaha sedemikian rupa bersama SMA Pasundan 1 Bandung, Yayasan Pendidikan Dasar dan Menengah Pasundan berupaya membeli sebidang lahan di jalan Balonggede No. 44 Bandung. Mulai tahun pelajaran 1989/1990 kegiatan belajar mengajar dilakukan di dua tempat, yang pertama berlokasi di jalan balonggede nomor 28 Bandung bersama-sama SMA Pasundan 1 Bandung dan yang kedua di Kampus sendiri Jalan Balonggede Nomor 44 Bandung.

Dari tahun ketahun SMEA Pasundan 1 Bandung berupaya melaksanakan pembangunan Sarana ruang belajar di lahan jalan balonggede nomor 44 Bandung secara bertahap dan berkesinambungan, sehingga akhirnya pada tahun pelajaran 1995/1996 Proses Belajar Mengajar SMK Pasundan 1 Bandung  dipusatkan di Jalan Balonggede No. 44 Bandung dengan menggunakan 2 ship, dimana ship pagi dimulai pukul 07.00 hingga pukul 12.10 WIBdan ship siang dimulai pukul 12.15 hingga pukul 17.30 WIB.

Seirama dengan kebijakan pemerintah melalui Surat Keputusan Mendikbud Nomor 036/O/1997  tahun 1997 dimana Pendidikan Sekolah Menengah Ekonomi Atas Pasundan 1 Bandung berubah nama menjadi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pasundan 1 Bandung Bidang Keahlian Bisnis dan Manajemen

SMK Swasta Terbaik dan Favorit di Kota Bandung: Sebuah Cita-Cita

SMK Pasundan 1 Bandung telah menjelma menjadi sebuah sekolah yang sangat diminati oleh masyarakat, menjadi SMK swasta terbaik dan favorit di kalangan orang tua dan siswa SMP di kota Bandung. Oleh karena itu, dari sejak awal pendirian SMK Pasundan 1 Bandung terus berusaha dengan penuh tanggungjawab untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan layanan kepada seluruh masyarakat kota Bandung dalam ikut serta mencerdaskan kehidupan bangsa.

Pendidikan adalah salah satu bentuk atau wujud kebudayaan manusia, dengan demikian pendidikan harus dilihat sebagai suatu kegiatan yang dinamis, mengikuti percepatan dan laju pertumbuhan serta dinamika budaya dari masyarakat atau komunitas dimana pendidikan diterapkan. Pendidikan Nasional berdasarkan Pancasila bertujuan untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia, yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Masa Esa, berbudi pekerti luhur, berkpribadian, disiplin, bekerja keras, tangguh, bertanggungjawab, mandiri, cerdas dan terampil serta sehat jasmani dan rohani

Dalam rangka mewujudkan pencapaian tujuan Pendidikan Nasional khususnya Sekolah Menengah Kejuruan, kegiatan persekolahan diantaranya harus ditunjang oleh pelayanan administrasi sekolah yang teratur, terarah dan terencana. Pelayanan administrasi sekolah yang baik akan menunjang penyelenggaraan proses belajar mengajar yang baik pula. Penyelenggaraan proses belajar yang baik akan dapat meningkatkan hasil belajar siswa seperti yang diharapkan oleh tujuan Pendidikan Nasional yang hendak dicapai. Pelayanan administrasi sekolah yang baik  harus mengikuti ketentuan dan peraturan yang telah dikeluarkan oleh instansi atau unit yang relevan di lingkungan Departemen Pendidikan Nasional

Sebagaimana yang telah dialami selama ini, perkembangan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mengalami pasang surut. Dimana suatu ketika kehadiran Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)  amat didambakan oleh masyarakat dan lulusannya banyak terserap di dunia kerja. Pada saat yang lain Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) telah menyiapkan lulusannya  untuk menjadi tenaga

kerja terampil tingkat menengah, kehadirannya kurang mendapat perhatian masyarakat dan lulusannya pun banyak yang menjadi penganggur.

Agar  kehadiran Sekolah Menengah Kejuruan senantiasa didambakan masyarakat dan para lulusannya dapat langsung diserap oleh dunia kerja maka secara periodik dan/atau kontinyu perlu dilaksanakan pembenahan terhadap penyelenggaraannya.

Hal ini bisa dikaji dari berbagai kemungkinan dilakukannya pembaharuan pada berbagai aspek pendidikan baik yang menyangkut konsep maupun pelaksanaannya.

Sesuai dengan permasalahan di atas Program Kerja Administrasi/Tata Usaha  SMK Pasundan 1 Bandung telah dan akan terus menerus berusaha untuk meningkatkan kualitas, berinovasi dan mengembangkan diri guna penyempurnaan Kinerja Tata Usaha. Sebagai dapurnya sekolah dan merupakan bagaian yang tak terpisahkan,  Tata Usaha harus siap dalam membantu/melayani berbagai keperluan/kepentingan dalam  mewujudkan/ meningkatkan kualitas SMK Pasundan 1 Bandung.

Top Manajemen SMK Pasundan 1 Bandung

Sejak Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pasundan1 Bandung berdiri hingga saat ini telah beberapa kali mengalami pergantian tampuk kepemimpinan yaitu :

  1. Bapak Drs. H. MAMAN SUDYAATMADJA

Bertugas sejak 1 Januari 1968 s.d. 2 Juli 1987

  1. Bapak Drs. H. ALI HIDAYAT, BA

Bertugas sejak  2 Juli 1987 s.d. 25 Agutus 1997

  1. Bapak Drs. AYAT DANAMIHARDJA

Bertugas sejak  25 Agustus 1997 s.d. 31 Juli 2000

  1. Bapak Drs. H. SUPARDI, M.Si

Bertugas sejak  31 Juli 2000 s.d. September 2013.

  1. Ibu Dra. Hj. TATI MUTIARA

Bertugas sejak 9 Januari  2013 s.d. Oktober 2021

  1. Bapak FIKRI RAHADIAN

Bertugas sejak 13 Oktober 2021 s.d. Sekarang