Kurikulum

Profil

WAKIL KEPALA SEKOLAH BIDANG KURIKULUM :
ISTAFIANI AMBARWATI, S.Ag.


STAF WAKIL KEPALA SEKOLAH BIDANG KURIKULUM :
RENNY SUPARTINI,S.Pd.


Kurikulum SMK Pasundan 1 Bandung

Ketika kita berada di lingkungan pendidikan, tentu kita sering mendengar istilah kurukulum. Lalu, apa yang dimaksud dengan kurikulum tersebut? SMK Pasundan 1 Bandung sebagai SMK swasta di Bandung juga memiliki wakil kepala sekolah yang membidangi urusan kurikulum. Silakan simak penjelasan dari wakil kepala sekolah SMK Pasundan 1 Bandung tentang kurikulum tersebut.

  • PENGERTIAN KURIKULUM
    Kurikulum menurut Pasal 1 angka 19 Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.
    SMK Pasundan 1 Bandung menerapkan Kurikulum Merdeka untuk kelas X dan Kurikulum 2013 versi 2017 untuk kelas XI dan XII.

Baca juga: Kesiswaan

  • ARAH PENGEMBANGAN  KURIKULUM SMK PASUNDAN 1 BANDUNG
    Untuk meningkatkan peran dan fungsi Wakil Kepala Sekolah Urusan Kurikulum dalam memberikan pelayanan kepada seluruh stake holder, maka pengembangan program kerja ini diarahkan kepada hal-hal sebagai berikut :
    1. Pengembangan kegiatan persekolahan  dalam bidang kurikulum khususnya dalam peningkatan kualitas pembelajaran   yang didukung oleh implementasi sistem penjaminan mutu internal;
    2. Pengembangan kurikulum KTSP dan KOSP sesuai ketentuan dengan didasarkan budaya kerja yang tertib dan teratur dan teliti, dilandasi oleh implementasi sistem penjaminan mutu internal;
    3. Pengembangan kurikulum implementatif yang bekerjasama dengan berbagai dunia usaha dan dunia industri agar terjadi sinergisitas antara kegiatan pembelajaran dengan kebutuhan kompetensi yang nyata dilapangan.
    4. Pengembangan kegiatan pembelajaran yang Aktif, kreatif, inovatif, dan menyenangkan, sehingga menghasilkan output yang berkualitas;
    5. Pengembangan pembelajaran dengan didasarkan kepada kompetensi dan pendidikan karakter yang harus dimiliki oleh siswa dengan tujuan akhir tercapainya standar kompetensi lulusan yang berkualitas;
    6. Pengembangan tenaga pendidik dan tenaga penunjang lainnya untuk menciptakan budaya dan etos kerja yang tinggi sesuai dengan tuntutan kompetensi Abad 21;
    7. Pengembangan sarana dan prasarana pembelajaran didasarkan pemakaian dan perbaikan disesuaikan dengan program secara terpadu dan berkesinambungan dalam menunjang peningkatan kualitas hasil pembelajaran;
    8. Pembinaan melalui pelatihan dan workshop kurikulum bagi tenaga pendidik dan tenaga penunjang lainnya secara terus menerus yang berkesinambungan untuk selalu memenuhi tuntutan perubahan atau dinamisasi kurikulum dan tuntutan pihak pengguna lulusan;
    9. Membiasakan budaya tertib beradministrasi, khususnya administrasi yang berkaitan dengan kegiatan pembelajaran yang wajib disediakan dan diselesaikan oleh guru.

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN  SMK PASUNDAN 1 BANDUNG

  • Dimensi SIKAP
    Berperilaku yang mencerminkan sikap:
    1. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME;
    2. Jujur, disiplin, empati, dan pembelajar sejati sepanjang hayat;
    3. Bangga dan cinta tanah air, bangga pada profesinya, dan berbudaya nasional;
    4. Memelihara kesehatan jasmani, rohani, dan lingkungan;
    5. Berpikir kritis, kreatif, beretika-kerja, bekerja sama, berkomunikasi, dan bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab membimbing orang lainsesuai bidang dan lingkup kerja dalam konteks diri sendiri, keluarga, sekolah, masyarakat, bangsa, negara, dan industri lingkup lokal, nasional, regional, dan internasional.
  • Dimensi PENGETAHUAN
    Berfikir secara faktual, konseptual, operasional dasar, prinsip, dan metakognitif sesuai denganbidang dan lingkup kerjapada tingkat teknis, spesifik, detil, dan kompleks, berkenaan dengan:
    1. ilmu pengetahuan,
    2. teknologi,
    3. seni,
    4. budaya, dan
    5. humaniora

dalamkonteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat lokal, nasional, regional, dan internasional.

  • Dimensi KETERAMPILAN
    Bertindak produktif, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif dalam:
    1. melaksanakan tugas dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta menyelesaikan masalah sederhana sesuai dengan bidang kerja, dan
    2. menampilkan kinerja mandiri dengan pengawasan langsung atasan berdasarkan kuantitas dan kualitas terukur sesuai standar kompetensi kerja, dan dapat diberi tugas membimbing orang lain.